JudulPenerapan Media Gambar Dalam Pembelajaran Peribahasa Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Pada Siswa Kelas V SDN Inpres Kabonena |
Nama: IKRAM |
Tahun: 2021 |
Abstrak Ikram, 2015. Penerapan Media Gambar Dalam Pembelajaran Peribahasa untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak pada Siswa Kelas V SDN Inpres Kabonena. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Ali Karim, (II) Muh. Tahir. Kata Kunci: Kemampuan, Menyimak Peribahasa, Penerapan Media Gambar Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyimak pada siswa di kelas V SDN Inpres Kabonena pada pembelajaran peribahasa dengan menggunakan media gambar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Inpres Kabonena yang berjumlah 31 orang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai penerapan media gambar yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan menyimak pada siswa dalam pembelajaran peribahasa. Kemampuan yang dimaksud mencakup tiga aspek, yaitu: (1) menyebutkan peribahasa yang sesuai dengan gambar; (2) kemampuan siswa menjelaskan maksud atau arti dari peribahasa yang dimaksud, dan (3) kemampuan siswa mengembangkan peribahasa menjadi sebuah paragraf yang baik. Data hasil belajar berupa kemampuan siswa dalam pembelajaran peribahasa selanjutnya akan dibagi ke dalam beberapa kategori dengan interval nilai sebagai berikut : 75 - 100 = Sangat Baik, 50 - 75 = Baik, 25 - 50 = Cukup, 0 - 25 = Kurang Baik. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa kemampuan siswa dalam mengembangkan peribahasa menjadi sebuah paragraf yang baik, dari 31 orang siswa kelas V SDN Inpres Kabonena yang dijadikan subjek dalam penelitian ini, sebanyak 10 orang siswa (32,26%) berada pada kategori sangat baik, 15 orang siswa (48,39%) berada pada kategori baik, 4 orang siswa (12,90%) berada pada kategori Cukup dan 2 orang siswa (6,45%) berada pada kategori kurang. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa sebagian besar kemampuan siswa kelas V SDN Inpres Kabonena dalam menyebutkan peribahasa berdasarkan gambar berada pada kategori baik. |