Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE DISKUSI KELAS V SDN DONGGALA KODI
Nama: FAUJAN
Tahun: 2021
Abstrak
Faujan (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Diskusi di SDN Donggala Kodi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Huber. Y. Tandi, Pembimbing (II) Yun Ratna Lagandesa. Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok pembahasan suber daya alam di Indonesia pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN Donggala Kodi? Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa pada pokok pembahasan sumber daya alam di Indonesia pada pelajaran IPS dengan menggunakan metode diskusi di kelas V SDN Donggala Kodi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Donggala Kodi, melibatkan 26 orang siswa terdiri atas 10 orang laki-laki dan 16 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 57,69?n daya serap klasikal siswa 63,85%. Pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 92,31?n daya serap klasikal siswa 86,15%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan ketuntasan belajar klasikal minimal 80?n daya serap klasikal minimal 65%. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN Donggala Kodi. Kata Kunci : Peningkatan Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran IPS dan Metode Diskusi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up