Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN PJOK BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA SISWA SMP NEGERI 13 SIGI
Nama: IRFAN
Tahun: 2024
Abstrak
Irfan, 2024. Pengembangan bahan ajar pembelajaran pjok berbasis multimedia interaktif pada siswa SMP Negeri 13 Sigi. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Jasmani, Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing Utama: Andi Saparia, dan Pembimbing Anggota: Humaedi. Kurangnya bahan ajar yang interaktif dapat berdampak pada motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas dari pengembangan bahan ajar berbasis multimedia interaktif pada materi permainan sepak bola dalam pembelajaran PJOK. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII A dan VIII C di SMP Negeri 13 Sigi dengan jumlah sampel 120 siswa pada tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan produk bahan ajar berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan memiliki nilai validitas sebesar 87?ri ahli materi, 96,07?ri ahli media, dan 96,25?ri guru, semuanya dengan kategori "Sangat Valid." Kepraktisan produk bahan ajar yang dikembangkan mencapai nilai 96?ngan kategori "Sangat Praktis," dan respon siswa menunjukkan nilai sebesar 83% juga dengan kategori "Sangat Praktis". Keefektifan bahan ajar yang dikembangkan terhadap motivasi belajar siswa memiliki nilai effect size d Cohen’s sebesar 0,403 yang termasuk dalam kategori "Berefek Sedang." Dengan demikian, bahan ajar berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Perbedaan produk pengembangan bahan ajar berbasis multimedia interaktif dengan bahan ajar konvensional terletak pada penyampaian materi yang lebih dinamis, integrasi berbagai media seperti teks, gambar, dan video, serta kemudahan akses melalui link, barcode atau platform online yang memungkinkan siswa belajar kapan saja dan di mana saja. Kata kunci: Bahan ajar, Multimedia interaktif, PJOK, ADDIE, Motivasi belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up