| JudulMENINGKATKAN KEMAMPUAN ROLL DEPAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PADA SISWA KELAS IV SD INPRES 2 KALUKU TINGGU |
| Nama: YULIANTI |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak Yulianti, 2025 Meningkatkan Kemampuan Roll Depan Melalui Metode Pembelajaran Bermain Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Kaluku Tinggu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Muh Ismail. Penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang bertujuan meningkatkan kemampuan roll depan melalui metode pembelajaran berbasis permainan pada siswa Kelas IV SD Inpres 2 Kaluku Tinggu. Penelitian ini melibatkan 21 siswa dengan teknik total sampling. Data diperoleh melalui perlakuan pembelajaran berbasis permainan dan observasi kemampuan roll depan dalam senam lantai. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan roll depan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, tingkat ketuntasan mencapai 66?n meningkat menjadi 95% pada siklus II. Nilai rata-rata juga meningkat dari 74 pada siklus I menjadi 82 pada siklus II. Temuan ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran berbasis permainan efektif dalam meningkatkan kemampuan roll depan pada siswa Kelas IV SD Inpres 2 Kaluku Tinggu . Kata Kunci: Roll Ke Depan; Metode Pembelajaran Berbasis Permainan. |