Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSURVEI KETERAMPILAN DASAR SEPAK SILA PERMAINAN SEPAK TAKRAW PADA SISWA KELAS V SD BK BOLOBIA
Nama: FIRSAN
Tahun: 2025
Abstrak
Firsan, 2025 Survei Keterampilan Dasar Sepak Sila Permainan Sepak Takraw Pada Siswa Kelas V Sd Bk Bolobia. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Didik Purwanto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan dasar sepak sila pada siswa laki-laki kelas V SD BK Bolobia. Metode yang digunakan adalah survei deskriptif dengan jumlah sampel sebanyak 9 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes praktik sepak sila beruntun, yaitu menghitung jumlah tendangan bola secara berturut-turut tanpa menyentuh tanah. Hasil pengukuran dikategorikan ke dalam lima tingkat keterampilan: Kurang Sekali, Kurang, Cukup, Baik, dan Sangat Baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa berada dalam kategori Kurang Sekali (22,22%), Kurang (22,22%), Cukup (22,22%), dan Baik (22,22%), sementara hanya 11,11% siswa yang termasuk dalam kategori Sangat Baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan dasar sepak sila siswa secara umum berada dalam kategori Cukup dengan distribusi kemampuan yang belum merata. Hasil ini menunjukkan perlunya peningkatan program latihan teknik dasar secara terarah dan berkelanjutan dalam pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar. Kata Kunci: keterampilan dasar, sepak sila, survei, pendidikan jasmani

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up