JudulMeningkatkan Hasil Belajar Pukulan Servis Dalam Permainan Tenis Meja Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri 12 Labuan |
Nama: SYAIFUL PRIYATNA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Syaiful priyatna,2025 meningkatkan hasil belajar pukulan servis dalam permainan tenis meja pada peserta didik sekolah dasar negeri 12 labuan, skripsi, program studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi, jurusan ilmu pendidikan, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas Tadulako pembimbing Mohammad Agusman. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tenis meja pada materi servis melalui penerapan metode pembelajaran terbimbing dan demonstrasi pada siswa kelas v SDN 12 labuan, jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yg di laksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri atas 4 tahapan ,yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi,dan refleksi,, subyek penelitian berjumlah 18 siswa kelas V ,hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa,dari pra siklus hingga siklus 2,pada pra siklus,hanya 5 siswa (27,78%) yg mencapai ketuntasan sedangkan 13 siswa (72.22%) belum tuntas, pada siklus 1 ketuntasan belajar meningkat menjadi 11siswa (61,05%) sementara 7 siswa (38,95%) masih belum mencapai krekteria ketuntasan ,pada siklus 2 hasil belajar siswa meningkat secara signifikan dengan 15 siswa (83,33%) mencapai ketuntasan, sedangkan hanya 3 siswa(16.66%) yang belum tuntas dengan demikian target ketuntasan klasikal 80% telah tercapai pada siklus 2, penelitian ini membuktikan bahwa metode pembelajaran terbimbing dan demonstrasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar tenis meja pada siswa sekolah dasar, melalui metode ini siswa dapat lebih mudah memahami dan menirukan gerakan yang di peragakan guru, sehingga penguasaan ketrampilan servis tenis meja dapat meningkat secara optimal. kata kunci: hasil belajar, tenis meja, servis, metode demonstrasi, pembelajaran terbimbing. |