Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulUPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAKAN ROLL DEPAN MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SD INPRES BUMI SAGU
Nama: HERMAN
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Herman. 2025. Upaya Meningkatkan Keterampilan Gerakan Roll Depan Melalui Variasi Pembelajaran Pada Siswa Kelas V SD Inpres Bumi Sagu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Didik Purwanto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Melakukan Gerakan Roll Depan melalui Variasi Pembelajaran pada Siswa Kelas V SD Inpres Bumi Sagu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Bumi Sagu sebanyak 36 orang yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 21 orang siswi perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan perbaikan pembelajaran melalui penjelasan teknik yang rinci, penggunaan demonstrasi, latihan berulang, dan variasi metode pembelajaran efektif dalam meningkatkan keterampilan roll ke depan siswa kelas V. Pada Siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa baru mencapai 60,1% (22 siswa tuntas dari 36 siswa) dengan rata-rata nilai 64,7. Mayoritas siswa berada pada kategori Kompeten dan Cukup Kompeten, tanpa ada siswa yang masuk kategori Sangat Kompeten. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada Siklus II, ketuntasan belajar meningkat menjadi 88,3% (32 siswa tuntas dari 36 siswa) dengan rata-rata nilai 85,6. Sebanyak 33,3% siswa berada pada kategori Sangat Kompeten, sedangkan sisanya berada pada kategori Kompeten. Tidak ada lagi siswa yang masuk kategori Cukup Kompeten atau lebih rendah. Peningkatan ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang diterapkan mampu memperbaiki kesalahan teknik, meningkatkan rasa percaya diri, dan memotivasi siswa untuk melakukan gerakan dengan benar.Dengan demikian, penelitian ini membuktikan bahwa penerapan pembelajaran yang sistematis, bervariasi, dan disertai umpan balik langsung dapat secara signifikan meningkatkan keterampilan motorik dasar, khususnya dalam gerakan roll ke depan pada senam lantai. Kata Kunci: Gerakan Roll Depan, Variasi Pembelajaran

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up