JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR RENANG GAYA DADA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PADA SISWA KELAS V SDN NO. 14 SINDUE |
Nama: SUKMAN |
Tahun: 2025 |
Abstrak Sukman. 2025. Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Renang Gaya Dada Dengan Menggunakan Metode Bermain Pada Siswa Kelas V SDN No. 14 Sindue. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Hendriana Sri Rejeki. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar teknik dasar renang gaya dada dengan menggunakan metode bermain pada siswa kelas V SDN No. 14 Sindue Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Kolaboratif, penelitian tidakan kelas merupakan bagian dari penelitian tindakan. Kegiatan penelitian akan dilaksanakan pada semester dua atau semester genap Tahun ajaran 2024/2025 yang lama penelitiannya disesuaikan dengan jam pelajaran yang berlaku di sekolah sesuai dengan penerapan alokasi waktu kurikulum merdeka. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa ada peningkatan proses pembelajaran gerak dasar renang dengan pendekatan bermain. Peningkatan pembelajaran gerak dasar renang melalui pendekatan bermain siswa kelas V SDN No. 14 Sindue Kecamatan Sindue Kebupaten Donggala, dapat dilihat dari peningkatan proses pembelajaran guru dan peningkatan partisipasi siswa. Hasil pengamatan tentang pembelajaran guru di siklus satu diperoleh nilai akhir dari mean penilaian dua kolaborator sebesar 72,50, pengamatan tentang pembelajaran guru di pertemuan ke-2 siklus satu diperoleh nilai akhir dari mean penilaian dua kolaborator sebesar 81,50. Hasil pengamatan tentang partisipasi siswa di siklus satu pada seluruh aspek keterampilan antara Siklus I dan Siklus II. Rata-rata nilai pada Siklus I masih tergolong rendah, dengan nilai keseluruhan sebesar 2,43 (60,8%) dengan nilai hasil partisipasi siswa sebesar 2,44 (60,9%). Setelah dilakukan perbaikan melalui pendekatan bermain yang membuat siswa lebih aktif dan termotivasi, nilai rata-rata pada Siklus II meningkat menjadi 3,23 (80,8%) dengan nilai partisipasi siswa sebesar 3,27 (81,64%). Kata Kunci: Teknik Dasar Renang, Gaya Dada, Metode Bermain |