JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLLY MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI ROGO |
Nama: ULFA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Ulfa, 2024. Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Dalam Permainan Bola Volly melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas IV SD Negeri Rogo. Skripsi, Program Studi Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi , Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing Humaedi dan Muhammad Ismail. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IV SD Negeri Rogo meningkatkan hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IV SD Negeri Rogo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah desain Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Rogo yang berjumlah 13 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kualitatif untuk menganalisis data hasil lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Pembelajaran Problem Based learning melalui tahap stimulasi, perumusan masalah, pengumpulan data, analisis data, verifikasi, dan generalisasi dapat meningkatkan hasil belajar. Keberhasilan peningkatan hasil belajar diketahui dari nilai rata-rata yang pada pra tindakan adalah 62,17 selanjutnya pada siklus I menjadi 68,58, dan pada siklus II menjadi 76,28. Persentase ketuntasan hasil belajar pada pra tindakan 38,4%, kemudian pada siklus I menjadi 53,8?n pada siklus II mencapai 92,3%. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar |