JudulPENGARUH STATUS GIZI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SD INPRES 3 TONDO |
Nama: GUSTI AYU TIRTA SARI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Gusti Ayu Tirta Sari, 2025. Pengaruh Status Gizi Terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Inpres 3 Tondo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Andi Saparia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh status gizi terhadap prestasi belajar siswa di SD Inpres 3 Tondo. Pendekatan kuantitatif dengan desain crosssectional digunakan, di mana data status gizi dan prestasi belajar siswa dikumpulkan pada satu waktu. Status gizi siswa diukur menggunakan Indeks Massa Tubuh (IMT), yang dihitung berdasarkan berat badan dan tinggi badan. Prestasi belajar dinilai melalui nilai rata-rata rapor siswa. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas 5 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa status gizi siswa di SD Inpres 3 Tondo bervariasi. Mayoritas siswa (56,7%) tergolong kurus, dengan 33,3% memiliki status gizi normal, 3,3% overweight, dan 6,7% gemuk. Rata-rata IMT siswa adalah 17.70. Prestasi belajar siswa juga menunjukkan variasi. Rata-rata nilai prestasi belajar adalah 75,3. Sebagian besar siswa (63,3%) memiliki kategori prestasi belajar "Baik", dan 36,7% memiliki kategori "Sangat Baik". .Analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa status gizi memiliki hubungan yang lemah terhadap prestasi belajar dengan nilai korelasi R = 0.308 dan koefisien determinasi (R²) sebesar 9,5%. Hasil uji ANOVA menunjukkan bahwa status gizi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa (p = 0,098 > 0,05). Dapat disimpulkan bahwa status gizi bukan merupakan faktor utama yang menentukan prestasi belajar siswa di SD Inpres 3 Tondo. Faktor lain seperti metode pembelajaran, lingkungan keluarga, dan motivasi belajar kemungkinan memiliki peran yang lebih dominan. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut disarankan untuk mempertimbangkan variabel tambahan yang dapat berkontribusi terhadap peningkatan prestasi akademik siswa. Kata kunci: Status gizi, Indeks Massa Tubuh (IMT), prestasi belajar, siswa SD |