JudulPERBEDAAN HASIL BELAJAR PJOK MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013 DAN MERDEKA BELAJAR DI SD INPRES 9 BAMBA DAN SD INPRES 15 WARA PANTOLOAN |
Nama: RIFKY ANDRIANTO |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Rifky Andrianto. 2025. “Perbedaan Hasil Belajar PJOK Menggunakan Kurikulum 2013 dan Merdeka Belajar di SD INPRES 9 BAMBA dan SD INPRES 15 WARA PANTOLOAN’’ Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Gunawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PJOK siswa yang Menggunakan Kurikulum 2013 dan Merdeka Belajar di SD INPRES 9 BAMBA dan SD INPRES 15 WARA PANTOLOAN. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain komparatif, melibatkan siswa kelas III sebagai sampel. Data diperoleh dari hasil belajar siswa yang dianalisis menggunakan Uji-t independen untuk mengidentifikasi perbedaan signifikan antara kedua kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan, dimana rata-rata nilai hasil belajar siswa yang menggunakan Kurikulum Merdeka (88,75) sedangkan rata-rata nilai hasil belajar siswa yang menggunakan kurikulum 2013 (86,33) hal ini menunjukkan hasil belajar siswa, yang menggunakan kurikulum merdeka lebih unggul dibandingkan siswa yang menggunakan Kurikulum 2013. Kata Kunci: Hasil belajar siswa, Kurikulum, PJOK. ABSTRACT Rifky Andrianto. 2025. “The Difference in Learning Outcomes of Physical Education Using the 2013 Curriculum and Learning Independence at SD INPRES 9 BAMBA and SD INPRES 15 WARA PANTOLOAN “. Undergraduate Thesis. Physical Education, Health, and Recreation Study Program, Eduaction Science Department, Teacher Training and Education Faculty, Tadulako University. Supervisor Gunawan. This study aims to determine the difference in learning outcomes of PJOK students who use the 2013 Curriculum and Independent Learning at INPRES 9 BAMBA Elementary School and INPRES 15 WARA PANTOLOAN Elementary School. The study used a quantitative method with a comparative design, involving third grade students as samples. Data obtained from student learning outcomes were analyzed using an independent t-test to identify significant differences between the two curricula. The results showed that there was a significant difference, where the average value of student learning outcomes using the Merdeka Curriculum (88.75) while the average value of student learning outcomes using the 2013 curriculum (86.33) this shows the learning outcomes of students, who use the independent curriculum are superior to students who use the 2013 Curriculum. Keywords: Student learning outcomes, Curriculum, PJOK |