Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Metode Lompat Ban Terhadap Lompat Jauh Siswa Kelas V SD Negeri Model Terpadu Madani
Nama: LIANA ANJANI
Tahun: 2025
Abstrak
Liana Anjani 2025, SKRIPSI : “Pengaruh Metode Lompat Ban Terhadap Lompat Jauh Siswa Kelas V SD Negeri Model Terpadu Madani” Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Jumain, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode latihan lompat ban terhadap peningkatan kemampuan lompat jauh pada siswa kelas V SD Negeri Model Terpadu Madani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen pre-test dan post-test. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan lompat jauh sebelum dan sesudah perlakuan. Analisis data menggunakan uji Paired Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan lompat jauh setelah siswa diberikan latihan lompat ban selama enam minggu. Rata-rata hasil pre-test adalah 2,651 meter, sedangkan post-test meningkat menjadi 3,043 meter, dengan persentase peningkatan sebesar 60,21%. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung (16,678) lebih besar dari t tabel (1,729) dengan signifikansi 0,00 < 0,05, sehingga Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode lompat ban berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan lompat jauh siswa. Kata kunci: lompat jauh, lompat ban, siswa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up