Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN DUKUNGAN ORANGTUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENJAS DI SMAN 1 TOMINI
Nama: MOH FANDI
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Moh Fandi, 2025. Judul “Hubungan Dukungan Orangtua dengan Motivasi Belajar Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran Penjas di SMAN 1 Tomini”. Progran Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing Muhammad Agusman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran penjas Di Sekolah SMAN 1 Tomini. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Tomini dan sampelnya berjumlah 30 siswa.Teknik Pengambilan sampeladalah Accidental Sampling teknik pengambilan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siswa yang kebetulan/insedental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel bila dipandang cocok sebagai sampel. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup yaitu angket dukungan orang tua dan angket motivasi belajar. Teknik Pengelolaan dan analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji hipotesis, analisis korelasi sederhana, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan orang tua dengan motivasi belajar mempunyai hubungan yang positif dengan nilai r = 0,357. Kontirbusi dukungan orang tua ditunjukan dengan nilai determinasi sebesar 12,7%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang bukan merupakan objek penelitian. Berdasarkan hasil analisis penelitian maka dapat disimpulkan hubungan setiap variabel dukungan orang tua denga motivasi belajar adalah terdapat signifikan dan arahnya positif.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up