JudulPENGARUH LATIHAN BOLA DIGANTUNG DAN UNDERHAND POSISI LURUS TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SMP NEGERI 6 PALU |
Nama: RIFALDY ALMAKS SANGGONA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Rifaldy Almaks Sanggona 2024, Judul “Pengaruh Latihan Bola Digantung Dan Underhand Posisi Lurus Terhadap Kemampuan Servis Bawah Dalam Permainan Bola voli Pada Siswa Ekstrakurikuler SMP Negeri 6 Palu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing Ardiansyah D Kandupi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh latihan bola digantung terhadap kemampuan servis bawah dalam permainan bola voli? Apakah ada pengaruh latihan underhand posisi lurus terhadap kemampuan servis bawah dalam permainan bola voli? Manakah yang lebih berpengaruh latihan bola digantung atau underhand posisi lurus terhadap kemampuan servis bawah? Tujuan Penelitian ini adalah. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh latihan bola digantung kemampuan servis bawah dalam permainan bola voli. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh latihan underhand posisi lurus terhadap kemampuan servis bawah dalam permainan bola voli. Untuk mengetahui manakah yang lebih berpengaruh latihan bola digantung atau underhand posisi lurus terhadap kemampuan servis bawah. populasi yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 6 Palu dengan jumlah siswa keseluruhan 16 orang Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif eksperimen yaitu suatu penelitian yang melakukan pengontrolan terhadap hal-hal yang mempengaruhi jalanya eksperimen. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang berarti dari latihan bola digantung dan underhand posisi lurus terhadap kemampuan servis bawah dalam permainan bola voli pada siswa ekstrakurikuler SMP Negeri 6 Palu. Hasil analisis dan pembahasan hasil penelitian menunjukan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel adapun t hitung adalah 7,401> t tabel sedangkan t tabel pada taraf signifikan 5?ri d.b =(N-1)=16-1=15 adalah 2,131 atau 7,401 > 2,131 atau peningkatan antara pretest (tes awal) dan post-test (tes akhir) adalah 98 dengan mean deviasi. Kata Kunci : Latihan, Underhand,Bola voli, Servis Bawah,Ekstarkulikuler. |