JudulSurvei Kemampuan Gerak Dasar Motorik Pada Siswa Kelas V SDN 25 Banawa |
Nama: MUHAMMAD RAYYAN |
Tahun: 2024 |
Abstrak Permasalahan Dalam Penelitian Ini Adalah Bagaimana Kemampuan Motorik Pada Siswa Kelas V SDN 25 Banawa ? Tujuan Penelitian Ini Untuk Mengetahui Bagaimana Motorik Pada Siswa Kelas V SDN 25 Banawa. Sampel Dalam Penelitian Ini Berjumlah 39 Siswa-siswi Yang Berada Di SDN 25 Banawa. Penelitian Ini Dilakukan Dengan Menggunakan Tehnik Random sampling, Pengambilan Data Dilakukan Dengan Cara Melakukan Tes Kecepatan Lari 40 Meter, Tes Keseimbangan Berdiri Satu Kaki, Kelincahan Shutle Run (Lari bolak balik) 4 x 10 Meter, Tes Kordinasi Mata Dan Tangan Lempar Tangkap Bola. Dari Survei Yang Diperoleh Kemampuan Motorik Pada Siswa kelas V SDN 25 Banawa, Untuk Tes Kelincahan Sebesar 49% (19 siswa) berkategori rendah. Untuk tes kordinasi mata dan tangan sebesar 41% (16 siswa) berkategori sedang. Untuk tes kecepatan sebesar 59% (23 siswa) berkategori sedang. Dan untuk tes Keseimbangan sebesar 44% (17 siswa) berkategori tinggi. Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang tingkat kemampuan gerak dasar motorik pada siswa kelas V di SDN 25 Banawa maka diperoleh sebesar 5% (2 siswa) berkategori sangat tinggi, sebesar 28% (11 siswa) berkategori tinggi, sebesar 38% (15 siswa) berkategori sedang, sebesar 21% (8 siswa) berkategori rendah dan sebesar 8% (3 siswa) berkategori sangat rendah. Tingkat kemampuan gerak dasar motorik terbanyak ada di interval 45 ? X < 55, maka tingkat kemampuan gerak dasar motorik siswa kelas V di SDN 25 Banawa adalah “sedang”. Kata Kunci : Survei, Gerak Dasar, Motorik siswa |