JudulTingkat Motorik Kasar Siswa Kelas III Di SDN 4 Kalukubula |
Nama: VIVIN ALVIONITA MENTARA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Tidak banyak tenaga pendidik yang memahami bahwa keterampilan motorik kasar seorang peserta didik perlu dilatih dan dikembangkan setiap saat dengan berbagai aktivitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan motorik kasar siswa kelas III di SDN 4 Kalukubula. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif lalu dituangkan ke dalam bentuk persentase dengan instrumen penelitian menggunakan tes motor abilty dari Nurhasan (2007: 135). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN 4 Kalukubula yang berjumlah 19 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa tingkat kemampuan motorik kasar siswa putra kelas III SDN 4 Kalukubula pada kategori “Sangat Rendah” dengan 1 Siswa atau 8%, kategori “Rendah” dengan 3 Siswa atau 23%, kategori “Sedang” dengan 5 Siswa atau 38%, kategori “Tinggi” dengan 3 Siswa atau 23%, dan kategori “Sangat Tinggi” dengan 1 Siswa atau 8%, dengan nilai rata-rata, yaitu 199.99, kemampuan motorik peserta didik putra kelas III di SDN 4 Kalukubula berada pada kategori “Sedang” dengan 5 siswa atau 38%. Sedangkan kemampuan motorik peserta didik putri Kelas III di SDN 4 Kalukubula pada kategori “Sangat Rendah” dengan 0 Siswa atau 0%, kategori “Rendah” dengan 2 Siswa atau 33%, kategori “Sedang” dengan 1 Siswa atau 17%, kategori “Tinggi” dengan 3 Siswa atau 50%, dan kategori “Sangat Tinggi” dengan 0 Siswa atau 0%, dengan nilai rata-rata, yaitu 200.00, kemampuan motorik peserta didik putri kelas III di SDN 4 Kalukubula berada pada kategori “Tinggi” dengan 3 siswa atau 50%. Maka kemampuan motorik siswa kelas III di SDN 4 Kalukubula pada siswa putra berada pada kategori “Sedang” dengan 38% sedangkan kemampuan motorik putri di SDN 4 Kalukubula berada padakategori “Tinggi” dengan 50%. |