Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERAN PENDIDIKAN JASMANI DALAM MENINGKATKAN GERAK MOTORIK KASAR SISWA KELAS V DI UPT SDN 4 MALIMBONG BALEPE’
Nama: IRWAN TONGLO
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Irwan Tonglo 2024, Peran Pendidikan Jasmani Dalam Meningkatkan Gerak Motorik Kasar Siswa Kelas V di UPT SDN 4 Malimbong Balepe’. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, pembimbing Addriana Bulu Baan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran pendidikan jasmani dalam meningkatkan gerak motorik kasar siswa kelas V di UPT SDN 4 Malimbong Balepe’? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pendidikan jasmani dalam meningkatkan gerak motorik kasar siswa kelas V di UPT SDN 4 Malimbong Balepe’. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan accidental sampling pengambilan data dilakukan dengan cara melakukan tes kecepatan lari 30 meter, tes keseimbangan berdiri satu kaki, kelincahan shutle run (lari bolak balik) 4 x 10 meter, tes kordinasi mata dan tangan lempar tangkap bola. berdasarkan data hasil pengukuran gerak motorik kasar dari serangkaian tes, tes yang diujikan pada siswa kelas V di UPT SDN 4 Malimbong Balepe’ adalah tes shuttle-run 4 x 10 meter, tes lempar tangkap bola jarak 1 meter dengan tembok, tes stork stand positional balance dan tes lari cepat 30 meter menunjukkan bahwa tingkat kemampuan gerak dasar motorik kasar siswa kelas V di UPT SDN 4 Malimbong Balepe’ berada pada kategori “sedang”. Dimana tingkat kemampuan motorik terbanyak ada di interval 45 ? X < 55 yaitu sebanyak 46% (11 siswa). Ini menunjukkan bahwa kemampuan gerak motorik kasar yang dilakukan merupakan gambaran umum tentang kemampuan siswa dalam melakukan aktivitasnya termasuk dalam kategori sedang. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang peran Pendidikan dalam meningkatkan gerak motorik siswa kelas V di UPT SDN 4 Malimbong Balepe’ maka diperoleh sebesar 8% (2 siswa) berkategori sangat tinggi, sebesar 17% (4 siswa) berkategori tinggi, sebesar 46% (11 siswa) berkategori sedang, sebesar 21% (5 siswa) berkategori rendah dan sebesar 8% (2 siswa) berkategori sangat rendah. Tingkat kemampuan gerak dasar motorik terbanyak ada di interval 45 ? X < 55, maka tingkat kemampuan gerak motorik kasar siswa kelas V di UPT SDN 4 Malimbong Balepe’ adalah “sedang”. Kata Kunci : Survei, Gerak Dasar, Motorik kasar siswa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up