JudulMODEL PERMAINAN POLA GARIS BERVARIASI UNTUK MENGEMBANGKAN GERAK DASAR LOKOMOTOR ANAK TUNAGRAHITA DI SLB KOTA PALU |
Nama: ABD. RAHMAN |
Tahun: 2025 |
Abstrak Abd. Rahman, 2024. “Model Permainan Pola Garis Bervariasi Untuk Mengembangkan Gerak Dasar Lokomotor Anak Tunagrahita Di SLB Kota Palu”. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Adriana Bulu Baan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan gerak dasar lokomotor anak tunagrahita. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana model permainan pola garis bervariasi pada anak tunagrahita di SLB Kota Palu?, 2) Apakah model permainan pola garis bervariasi yang dikembangkan layak untuk anak tunagrahita di SLB kota Palu? Tujuan Penelitian untuk; 1) Mengetahui model permainan pola garis bervariasi pada anak tunagrahita di SLB kota Palu dan 2) Mengetahui kelayakan model permainan pola garis bervariasi pada anak tunagrahita di SLB Kota Palu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan, dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan sebuah produk berupa model permainan pola garis bervariasi untuk mengembangkan gerak dasar lokomotor anak tunagrahita di slb Kota Palu. Prosedur atau langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: 1) Studi Pendahuluan, 2) Perencanaan, 3) Draf awal, 4) validasi ahli, 5) uji coba skala kecil dan revisi, 6) Uji coba skala besar dan revisi, 7) Produk akhir. Kelayakan produk divalidasi oleh ahli pembelajaran SLB, ahli anak tunagrahita dan ahli gerak. Hasil validasi ahli pembelajaran SLB di peroleh skor sebesar 96?ngan kategori sangat layak, validasi ahli anak tunagrahita diperoleh skor sebesar 98?ngan kategori sangat layak dan validasi ahli gerak diperoleh skor sebesar 88?ngan kategori sangat layak. Uji coba skala kecil dilakukan di SLB-ABCD Muhammadiyah Palu dan skala besar dilakukan di SLB Bhakti Putra dan SLB- ABCD Muhammadiyah Palu. Hasil dari uji skala kecil diperoleh presentase sebesar 94?ngan kategori sangat layak dan uji skala besar diperoleh presentase sebesar 98?ngan kategori sangat layak. Di simpulkan bahwa model permainan pola garis bervariasi sudah layak digunakan untuk mengembangkan gerak dasar lokomotor anak tunagrahita. Kata kunci: Pengembangan, Model Permainan, Gerak Dasar Lokomotor, Anak Tunagrahita |