Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PJOK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECK BASED LEARNING DI SMA NEGERI 3 PALU
Nama: BERKAM
Tahun: 2025
Abstrak
Berkam, 2024. Impelmentasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran PJOK dengan mengunakan model Projeck based learning di SMA Negeri 3 Palu. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Gunawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di SMA Negeri 3 Palu dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL). Dalam penelitian ini sampel yang digunakan 35 orang dengan menerapkan metode pre test dan post test. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes lapangan. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif berupa uji paired sample t-test, untuk memenuhi asumsi hasil penelitian dilakukan uji persyaratan analisis yaitu dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan uji t menunjukan bahwa signifikansi 21.101 > 0.486 maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh antara penerapan model PjBL terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PJOK permainan bola voli materi passing atas, 28.747 > 0.394 maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh antara penerapan model PjBL terhadap hasil belajar siswa pada mata pela jaran PJOK permainan bola voli materi passing bawah, 29.969 > 0.894 maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh antara penerapan model PjBL terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PJOK permainan bola voli materi servis atas, 20.312 > 0.138 maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh antara penerapan model PjBL terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PJOK permainan bola voli materi servis bawah, dan 36.956 > 0.090 maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh antara penerapan model PjBL terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PJOK permainan bola voli materi smash. Secara rata-rata peningkatan nilai siswa dengan penerapan model PjBL lebih efektif dengan selisih 5 dan mean post test lebih tinggi dari mean pre test. Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, PJOK, Model Projeck Based Learning

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up