JudulProfil Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini Di Kecamatan Palu Selatan |
Nama: ASMA SYARIFAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Asma Syarifah, 2024. Profil Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini Di Kecamatan Palu Selatan. Hasil. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Ikhwan Abduh. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan motorik kasar anak usia dini di kecamatan palu selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan instrumen Test of Gross Motor Development-Second Edition (TGMD-2) dari Sugiyono (2015:102) Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik di sekolah PAUD-TK berjumlah 15 siswa yang berada di kecamatan Palu Selatan Kota Palu. Penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif lalu dituangkan ke dalam bentuk persentase. Hasil penelitian yang diperoleh dari tes lari, berlari kencang gallop, melompat (hop), leap, lompat horizontal, slide (meluncur), Memukul bola yang diam, menggiring bola, menangkap, menendang, lemparan, gulungan bola kasti. Dari survei data diperoleh kemampuan motorik kasar dengan nilai rata-rata pada anak usia dini PAUD-TK Kecamatan Palu Selatan Kota Palu, Dari hasil yang di analisis ditemukan bahwa kemampuan motorik kasar sampel dengan kategori sangat rendah sebanyak 6 orang atau 40%, yang berkategori rendah tidak ada, yang berkategori dibawah rata-rata 1 orang atau 6.7%, kategori rata-rata 7 atau 46.7 %, kategori diatas rata-rata 1 atau 6.7%. kategori sangat unggul tidak ada sampel yang masuk dalam kategori tersebut. Oleh karena itu Dari hasil analisis ditemukan bahwa gambaran secara umum kemampuan motorik kasar anak berada pada kategori kategori rata-rata. Kesimpulan tersebut ditarik karena dari 15 sampel yang di lakukan uji kebanyak jumlah sampel 7 atau 46.7 % atau memiliki jumlah persentase capaian terbesar, meskipun jumlah sampel yang berada pada kategori rendah juga tidak sedikit yaitu 6 orang atau 40%. Motorik kasar pada anak sangat berperan penting sehingga harus diterapkan sejak usia dini untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak agar terlibat dalam berbagai aktivitas fisik yang mendukung pengembangan motorik kasar mereka. Kata Kunci: Keterampilan, Motorik, Anak usia dini, TGMD-2, Hop, Leap |