JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGIRING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA SISWA KELAS V SD BALA KESELAMATAN DOMBU |
Nama: JUMSON |
Tahun: 2023 |
Abstrak Jumson, 2023. Meningkatkan Hasil Belajar Menggiring dalam Permainan Sepakbola Melalui Pembelajaran Kooperatif pada Siswa Kelas V SD Bala Keselamatan Dombu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Ardiansyah D. Kandupi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada peningkatan hasil belajar menggiring dalam permainan sepakbola pada siswa kelas V SDN 1 Bala KeselamatanDombu. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar menggiring dalam permainan sepakbola pada siswa kelas V SDN 1 Bala KeselamatanDombu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Bala KeselamatanDombu yang berjumlah 20 orang siswa, yang terdiri dari 10 orang laki dan 10 orang perempuan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri atas empat komponen, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah berupa data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa pada siklus I dan Siklus II, serta data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes baik pada tes awal, siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data melalui tes unjuk kerja dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar klasikal sebesar 45% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II dan telah melebihi indikator yang ditentukan yakni sebesar 80%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui pembelajarn kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar menggiring dalam permainan sepakbola pada siswa kelas V SD Bala KeselamatanDombu. Berdasarkan hal tersebut dapat disarankan bagi para guru PJOK agar memberikan pembelajaran kepada siswa dengan permainan yang sederhana tetapi tetap mengandung unsur materi yang diberikan, agar siswa tidak terlalu jenuh dan memiliki minat untuk mengikuti pembelajaran. Kata Kunci: Menggiring, Pembelajaran Kooperatif, dan Sepakbola. Jumson, 2023. Improving Dribbling Learning Outcomes in Soccer Games through Cooperative Learning of Students in Grade V at SD Bala Keselamatan Dombu. Undergraduate Thesis. Physical Education Health and Recreation Study Program. Department of Education, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University. Supervised by Ardiansyah D. Kandupi. The problem in this study is whether there is an increase in learning outcomes of dribbling in soccer games of students in Grade V at SDN 1 Bala Keselamatan Dombu. This study aims to improve the learning outcomes of dribbling in soccer games of students in Grade V at SDN 1 Bala KeselamatanDombu. It was class action research (CAR). The subjects in this study were all fifth-grade students of SD Bala Keselamatan Dombu, totalling 20 students, consisting of 10 males and 10 females. This research consisted of two cycles, where each cycle consisted of four components, namely (1) planning, (2) action implementation, (3) observation and (4) reflection. The data collected in this study are qualitative data that were obtained from observations of teacher and student activities in cycle I and cycle II and quantitative data that were obtained from test results in the initial test, cycle I and cycle II. Data were collected through performance tests and observation techniques. The results show that the classical learning completeness is 45% in cycle I to 85% in cycle II, exceeding the specified indicator of 80%. It is concluded that cooperative learning can improve the learning outcomes of dribbling in soccer games of students in Grade V at SD Bala Keselamatan Dombu. Based on this, teachers of Physical Education, Sports and Health (PJOK) should provide students' learning with simple games that still contain elements of the material provided so that students are not too bored and interested in participating in the learning process. Keywords: Dribbling, Cooperative Learning, and Soccer. |