JudulPERBEDAAN KEBUGARAN JASMANI ANTARA SISWA YANG BERJALAN KAKI DENGAN SISWA BERKENDARA SEPEDA MOTOR KELAS X SMAN 1 DAMPAL SELATAN KABUPATEN TOLI-TOLI |
Nama: RISWAR HASAN |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Riswar Hasan, 2023: “Perbedaan Kebugaran Jasmani Antara Siswa Yang Berjalan Kaki Dengan Siswa Berkendara Sepeda Motor Kelas X SMAN 1 Dampal Selatan Kabupaten Toli-Toli” Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ,Universitas Tadulako Pembimbing (1) Muhammad Ismail. Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum diketahuinya tingkat Kebugaran Jasmani Antara Antara Siswa Yang Berjalan Kaki Dengan Siswa Berkendara Sepeda Motor Kelas X SMAN 1 Dampal Selatan Kabupaten Toli-Toli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat tingkat Kebugaran Jasmani Antara Antara Siswa Yang Berjalan Kaki Dengan Siswa Berkendara Sepeda Motor Kelas X SMAN 1 Dampal Selatan Kabupaten Toli-Toli. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kunatitatif. Metode yang digunakan adalah survei. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X SMAN 1 Dampal Selatan Kabupaten Toli-Toli yang berjumlah 99 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa terdiri dari 30 siswa yang berjalan kaki dan 30 siswa yang berkendaraan motor, yang di ambil sesuai kriteria menggunakan teknik Purposive sampling. Instrumen test kebugaran jasmani dalam penelitian ini meliputi, Lari 60 M, Angkat Tubuh, Baring Duduk, Loncat Tegak dan Lari 1200 M. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang kelolah lewat Software SPSS IBM 22. Berdasarkan hasil analisis data, deskripsi, pengujian hasil penelitian, dan pembahasan, hasil penelitian menunjukan, yaitu dapat dilihat bahwa t hitung 3,11 dan t tabel 2,045 dengan nilai signifikansi p sebesar 0,000. Oleh karena t hitung 3,11 > t tabel 2,045, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, hasil ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil analisis tersebut, hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “Ada perbedaan yang signifikan kesegaran jasmani siswa yang berjalan kaki dengan siswa yang berkendaraan motor”, diterima. Selisih kondisi fisik signifikan kondisi fisik siswa yang berjalan kaki dengan siswa yang berkendaraan motor sebesar 0,39. Artinya bahwa kondisi fisik siswa yang berjalan kaki lebih baik dari pada kondisi fisik siswa yang berkendaraan motor. Kata kunci: Kebugaran Jasmani. |