JudulDAMPAK GAME ONLINE DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PJOK DI MTS AL-KHAIRAAT PINOTU |
Nama: REYFALDI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Reyfaldi,2024.”Dampak Game Online Dan Media Sosial Terhadap Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran PJOK Di Mts Al-Khairaat Pinotu”. Skripsi, Program Studi Pendididkan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Kamarudin. Penelitian ini dilatar belakangi karena belum ada data Game Online Dan Media Sosial Terhadap Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran PJOK Di Mts Al-Khairaat Pinotu. Game online dan media sosial sangat digemari oleh semua kalangan,termasuk pelajar. Bermain game online atau mengakses media sosial tidak hanya meningkatkan Keterampilan Fisik tetapi kemampuan intelektual dan fantasi anak. Namun disisi lain jika terlalu belebihan memainkannya maka akan muncul dampak negatif dari bermain game online atau mengakses media sosial, antara lain kurangnya minat siswa dalam belajar yang akan mengakibatkan turunnya prestasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Dampak game online dan media sosial terhadap minat belajar siswa terhadap mata pelajaran PJOK di Mts Al-Khairaat Pinotu. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian Deskriptif Kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan guru PJOK dan penyebaran kuesioner kepada siswa. Hasil dari penyebaran kuesioner akan diolah dengan menggunakan skor yang telah ditentukan dari 4 sampai 1, Kemudian di analisis. Penelitian ini dilakukan mulai dari tanggal 11 Agustus sampai dengan 14 Agustus 2024. Lokasi penelitian dilakukan di Mts Al-Khairaat Pinotu, Desa Pinotu, Kecamatan Toribulu, Kabupaten Parigi Moutong dengan jumlah sampel 40 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa memainkan game online terdapat Pengaruh yang signifikan pada Dampak Game Online dan Media Sosial Terhadap Minat Belajar Siswa terhadap mata pelajaran PJOK di Mts Al-Khairaat Pinotu. Maka dapat disimpulkan adalah : Game Online Kelas VII Dan VIII Adalah sebesar 77,6%, Media Sosial Kelas VII Dan VIII Adalah sebesar 74,95%. Berdasarkan nilai rata-rata, Dampak Game Online dan Media Sosial Terhadap Minat Belajar Siswa terhadap mata pelajaran PJOK di Mts Al-Khairaat Pinotu di kategorikan “Baik”. Kata Kunci : Game online, Media Sosial, Minat Belajar. |