JudulOPINI GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SEKOLAH SE KECAMATAN PASANGKAYU |
Nama: I MADE ALDIANTA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK I Made Aldianta, A 421 18 340. Opini Guru Pendidikan Jasmani Dalam Melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh Di Sekolah Se Kecamatan Pasangkayu. Dibimbing oleh Andi Sultan Brillin. Pelaksanan pembelajaran jarak jauh di Kecamatan Pasangkayu belum dapat berjalan sesuai dengan kurikulum pendidikan jasmani. Namun demikian dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani jarak jauh, guru sering menghadapi dilema, yaitu pertentangan yang ditimbulkan oleh apa yang direncanakan dan kenyataan yang terjadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui opini guru pendidikan jasmani se Kecamatan Pasangkayu dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian ini adalah SD, SMP, SMA se Kecamatan Pasangkayu. Populasi pada penelitian ini adalah guru PJOK se-Kecamatan Pasangkayu yang berjumlah 10 guru. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik total sampling. Teknik analisis data untuk menganalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian bahwa guru tetap memberikan pembelajaran PJOK dengan menggunakan media daring, dari seluruh pernyataan yang berjumlah lima belas pernyataan, total menjawab Ya sebanyak 82 dengan persentase 54,67?rada pada kategori cukup baik karena pada masa pandemi COVID-19 ini semua guru tetap melaksanakan pembelajaran PJOK meskipun memiliki beberapa kendala diantaranya perangkat pembelajaran seperti handphone atau laptop, jaringan yang tidak bagus. Secara keseluruhan pelaksanaan pembelajaran PJOK menggunakan media daring dengan menyesuaikan materi sesuai kondisi dan arahan dari dinas pendidikan.. Kata Kunci: Opini, Guru PJOK, Pembelajaran Jarak Jauh, Pembelajaran PJOK |