JudulPENGARUH MODEL LATIHAN PASSING TETAP DAN BERUBAH TERHADAP KEMAMPUAN PASSING DALAM PERMAINAN FUTSAL PADA SISWA EKSTRAKULIKULER SMK MANDALASILA PALU |
Nama: ARLIN ALTON SARIRA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK ARLIN ALTON SARIRA. 2022. Pengaruh Model Latihan Passing Tetap dan Berubah Terhadap Kemampuan Passing Dalam Permainan Futsal Siswa Ekstrakulikuler Smk Mandalasila Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Dr.Didik Purwanto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Latihan Passing Tetap dan Berubah Terhadap Kemampuan Passing Dalam Permainan Futsal Siswa Ekstrakulikuler Smk Mandalasila Palu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif,dengan metode eksperimen bersifat praeksperimen dengan rancangan pre-test (tes awal) dan post-test (tes akhir). Populasi yang digunakan adalah siswa ekstrakulikuler Smk Mandalasila Palu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 20 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampel penuh. Data pada penelitian dianalisis dengan statistik yang dipakai untuk mengolah data dalam penelitian ini adalah rumus t-test, namun sebelum menguji atau menghitung analisis dengan t-test data tersebut dianalisis dengan uji normalitas data dengan program SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan Pengaruh model latihan passing Tetap Dan berubah terhadap kemampuan passing dalam permainan futsal siswa ekstrakulikuler Smk Mandalasila Palu hasil analisis data secara statistic diperoleh hasil t hitung untuk latihan passing tetap = 21,81 dengan menggunakan taraf signifikan 5?ri d.b = ( N – 1 ) = 10– 1 = 9 diperoleh nilai t tabel = 2,262 hal ini berarti bahwa nilai t hitung lebih besar dari t tabel atau 21,81 > 2,262 atau peningkatan antara pre-test dan post-test adalah 24 dengan mean deviasi 2,4 dengan peningkatan presentase sebesar 33,33 %, sedangkan hasil analisis data secara statistic diperoleh hasil t hitung untuk latihan passing berubah = 10 dengan menggunakan taraf signifikan 5?ri d.b = ( N – 1 ) = 10 – 1 = 9 diperoleh nilai t tabel = 2,262 hal ini berarti bahwa nilai t hitung lebih besar dari t tabel atau 10 > 2,262 atau peningkatan antara pre-test dan post-test adalah 20 dengan mean deviasi 2. dengan peningkatan presentase sebesar 25,64 % Kata Kunci : Pengaruh Model Latihan Passing Tetap Dan Berubah,Terhadap Permainan Futsal |