JudulMeningkatkan Teknik Menggiring Bola Dengan Metode Pembelajaran Secara Berpasangan Dalam Permainan Sepak Bola Terhadap Siswa-Siswi Kelas V SD Inpres Lolu |
Nama: IRWAN |
Tahun: 2021 |
Abstrak Irwan 2021. Meningkatkan Teknik Menggiring Bola Dengan Metode Pembelajaran Secara Berpasangan Dalam Permainan Sepak Bola Terhadap Siswa-Siswi Kelas V SD Inpres Lolu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Olahraga, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Tri Murtono, S.Pd., M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah keterampilan menggiring bola dalam permainan sepak bola dapat meningkat melalui metode berpasangan pada siswa kelas V SD Inpres Lolu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inprs Lolu yang berjumlah 24 Orang yang terdiri dari laki-laki 14 Orang laki-laki dan perempuan 10 Orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi atau pengamatan terhadap keterampilan menggiring bola melalui metode berpasangan dan observasi kegiatan guru dan siswa. Indicator kinerja pada penelitian ini adalah ketuntasan secara klasikal 75 % ketuntasan secara individu 75. Penelitian ini dilakukan ada 2 siklus dengan melakukan observasi data awal sebelum dberikan metode berpasangan. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui metode berpasangan dapat meningkatakan Teknik menggiring bola dalam permainan sepak bola siswa- siswi kelas V SD Inpres Lolu. Diharapkan penelitian lebih lanjut tentang upaya peningkatan kemampuan menggiring bola dalam permainan sepak bola dengan menggunakan metode yang lain sehingga dapat terus dikembangkan demi peningkatan kualitas pemebelajaran bagi siswa di Sekolah Dasar. Kata Kunci : Keterampilan Menggiring Bola, Sepak Bola, Metode Berpasangan. |