JudulPERSEPSI GURU PENJAS DALAM MELAKUKAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID 19 DI SEKOLAH NEGERI SE-KECAMATAN DAPURANG KAB. PASANGKAYU SULAWESI BARAT |
Nama: FIKRAM |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Fikram, 2022. “Presepsi Guru Penjas Dalam Melakukan Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid 19 Disekolah Negeri Se-Kecamatan Dapurang Kab. Pasangkayu Sulawesi Barat”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Andi Sultan Brilin Permasalahan penelitian ini yaitu peserta didik dan guru tidak dapat melakukan pembelajaran dengan efektif karna terkendala oleh jaringan sebagai alat komunikasi dalam penyampaian materi. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui prespsi guru penjas terhadap pembelajaran daring selama masa pandemi serta untuk melihat kendala-kendala yang dihadapi peserta didik dan guru dalam proses pembelajaran daring berlangsung. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di 12 sekolah se-kecamatan dapurang yang melibatkan sekolah SD, SMP, dan SMA. Populasi dalam penelitian ini seluruh guru penjas sekecamatan Dapurang dengan jumlah sekolah 12, dengan sampel sebanyak 12 orang guru penjas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan, penelitian atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring dimasa pandemi banyak memeberikan hambatan pada peserta didik khusunya pada pembelajaran PJOK yang identik dengan pembelajaran praktik. Selain peserta didik tenaga pendidik juga menemukan kendala dalam menentukan metode pembelajaran daring melihat banyak dari peserta didik yang tidak memiliki smartphone serta jaringan internet yang tidak stabil, membuat proses pembelajaran terkendala. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru dan peserta didik mengalami kendala dalam pembelajaran daring yang membuat hasil belajar peserta didik menurun, hasil penelitian ini dapat telihat bahwa guru dan siswa belum mampu berdaptasi dengan sistem pembelajaran jarak jauh atau daring. Kata Kunci : Presepsi, Penjas, Pembelajaran Draing, dan Pandemi Covid 19, |