JudulEfektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Daring Selama Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran PJOK Di Sdn Sekecamatan Karossa Kabupaten Mamuju Tengah Sulawesi Barat |
Nama: YUSTIFA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Yustifa, 2021. “ Efektivitas pembelajaran Jarak Jauh dengan Daring Selama Pandemi COVID-19 Mata Pelajaran PJOK Di SDN Sekecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Didik Purwanto, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Efektivitas pembelajaran jarak jauh dengan daring selama pandemi COVID-19 mata pelajaran PJOK di SDN Sekecamata Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan one shot case study menggunakan metode survei. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Sampel dalam Peneltian ini yaitu seluruh guru PJOK SDN Sekecamatan Karossa, berjumlah 9 guru. Instrumen dalam penelitian ini berupa kuisioner online menggunakan google form yang berisi 10 pertanyaan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan data persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada masa pandemi COVID-19 ini 100% guru tetap memberikan pembelajaran PJOK, 66.7% guru menggunakan metode pembelajaran daring, 22.2% pembelajaran PJOK sesuai dengan RPP dan 66.7% sesuai RPP anmun tidak runtut, 66.7% menggunakan media pembelajaran whatsapp group, 66.7% pederta didik antusias dan berpartisispasi dengan baik dalam pembelajaran,77.8% guru yang bekerjasama dengan orang tua peserta didik agar proses pembelajaran PJOK tetap berlangsung, 44.4% guru mengatakan pembelajaran yang sesuai dengan RPP, 77.8% penilaian berdasarkan pengumpulan tugas dan ujian, 88,9% guru mengatakan penilaian pada pembelajaran daring tidak efektif, dan 88,9% kendala dalam pembelajaran PJOK yaitu : kesulitan mengakses internet. |