JudulEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MELALUI KOMUNIKASI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PJOK DI SMP GKST 1 TENTENA |
Nama: DEAN VICTOR RAFENCHA TOTOMBU |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Dean Victor Rafencha Totombu, 2022. Efektivitas Pembelajaran Melalui Komunikasi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PJOK di SMP GKST 1 Tentena. Skripsi, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Hendrik Mentara Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah ada suatu efektivitas pembelajaran melalui komunikasi orang tua terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PJOK di SMP GKST 1 Tentena?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada efektivitas pembelajaran melalui komunikasi orang tua terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PJOK di SMP GKST 1 Tentena. Untuk mencapai hal tersebut, maka pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Yang terdiri dari 24 orang tua siswa sebagai sampel dari populasi yang berjumlah 161 orang tua siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualiitatif. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah berupa kuesioner/angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif presentase. Kesimpulan dari penelitian ini dapat dilihat dari hasil penelitian “Efektivitas pembelajaran melalui komunikasi orang tua Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam mata pelajaran PJOK di SMP GKST 1 Tentena”. Dapat dilihat dari hasil pengumpulan data yang diperoleh dari angket yang dibagikan kepada orang tua siswa di Kelas VIII di SMP GKST 1 Tentena, ternyata ada perubahan nilai sebelum dan sesudah komunikasi itu dilaksanakan. Dari hasil analisis angket digambarkan bahwa 29% orang tua siswa selalu berkomunikasi terhadap efektivitas hasil belajar siswa, 24% orang tua siswa sering berkomunikasi terhadap efektivitas hasil belajar siswa, 27% orang tua siswa kadang-kadang berkomunikasi terhadap efektivitas hasil belajar siswa, 20% orang tua siswa tidak pernah berkomunikasi terhadap efektivitas hasil belajar siswa. Kata Kunci : Komunikasi, Efektivitas, Belajar siswa. |