JudulHUBUNGAN DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENJAS SECARA (DARING) SAAT PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH SMAN 1 UNA-UNA |
Nama: MAGVIRA J.HI MATAJENG |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Maqvira J Hi Matajeng 2022. Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Penjas Secara (Daring) Saat Pandemi COVID-19 Di Sekolah SMAN 1 Una-una. Skripsi. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan ilmu pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Humaedi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran penjas secara (Daring) saat pandemi Covid-19 Di Sekolah SMAN 1 Una-una. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Una-una dan sampelnya berjumlah 107 siswa.Teknik Pengambilan sampeladalah Accidental Sampling teknik pengambilan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siswa yang kebetulan /insedental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel bila dipandang cocok sebagai sampel. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup yaitu angket dukungan orang tua dan angket motivasi belajar. Teknik Pengelolaan dan analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji hipotesis, analisis korelasi sederhana, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan orang tua dengan motivasi belajar mempunyai hubungan yang positif dengan nilai r = 0,357. Kontirbusi dukungan orang tua ditunjukan dengan nilai determinasi sebesar 12,7%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang bukan merupakan objek penelitian. Berdasarkan hasil analisis penelitian maka dapat disimpulkan hubungan setiap variabel dukungan orang tua denga motivasi belajar adalah terdapat signifikan dan arahnya positif. Kata Kunci: Dukungan Orang Tua, Motivasi Belajar |