JudulDAMPAK LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA, DAN KESEHATAN PADA SISWA KELAS V SD INPRES 1 SIDOLE |
Nama: SANDUN |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Sandun, 2022. Dampak Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Siswa Kelas V SD Inpres 1 Sidole Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Tadulako. Pembimbing Kamarudin Penelitian ini bertujuan untuk menggambarakan dampak lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada siswa Kelas V SD Inpres 1 Sidole. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan populasi yaitu 74 orang siswa dan sampel yang digunakan adalah sejumlah 16 orang siswa SD Inpres 1 Sidole. Untuk mencapai tujuan data dianalisis dengan menggunakan bantuan data Excel. Hasil penelitian diperoleh data bahwa faktor ketersediaan sarsana dan prasarana pembelajaran 71,63%, faktor ketersediaan sarana olahraga dan tempat praktek 64,20%, dan faktor sarana yang mempengaruhi proses belajar siswa 65,25%. Dengan jumlah keseluruhan dari tiga (3) faktor diperoleh hasil sebesar 67,18%. Dari hasil penelitian maka disimpulkan bahwa penelitian tersebut terkait dengan dampak lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada siswa Kelas V SD Inpres 1 Sidole. Kata kunci : Dampak Lingkunga, Prestasi Belajar Mata Pelajaran PJOK. |