JudulSURVEI HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PJOK DI SD NEGERI I ALITUPU KELAS V (LIMA) KECAMATAN LORE UTARA KABUPATEN POSO |
Nama: ARMELIUS FEISAL MOIGA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Armelius Feisal Moiga, 2025. Survei Hasil Belajar Siswa Pembelajaran PJOK Di SD Negeri I Alitupu Kelas V (lima) Kecamatan Lore Utara Kabupaten Poso. Skripsi. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Hendriana Sri Rejeki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetauhi hasil belajar siswa pada pembelajaran PJOK pada SD Negeri I Alitupu kelas V (lima) Kecamatan Lore Utara Kabupaten Poso. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif non eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif yang fokus kepada perhitungan data serta desain penelitian komparatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas V dan sampel penelitian sejumlah 25 siswa serta Variabel penelitian adalah nilai PJOK. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi nilai PJOK siswa. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji T dengan SPSS (Statistical Package For Social Science). Berdasarkan hasil penelitian, nilai signifikansi dari hasil uji Independent Sample T-test nilai T-HT 12.330, T-TB 2.06, selisih 7.08 dengan nilai signifikansi dari pembelajaran ganjil adalah 0.079 Sedangkan pada pembelajaran genap memperoleh nilai signifikansi (Asymp.sig 2-Tailed) sebesar 0.007. Menurut dasar Keputusan uji Kolmogorov-Smirnov, yaitu apabila jika nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 maka nilai berdistribusi normal. Sedangkan apabila nilai signifikansi kurang dari 0,05 maka nilai tersebut tidak berdistribusi normal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua variable tersebut berdistribusi normal (Ho diterima) dan berarti terbukti adanya perbedaan hasil belajar ketika semester ganjil dan semester genap dengan nilai presentasi kenaikan sebesar 23%. |