JudulHAMBATAN DAN SOLUSI YANG DIHADAPI GURU PJOK PADA SEKOLAH DASAR DI KOTA PALU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH PENGGERAK |
Nama: SYAHRUL AMAR |
Tahun: 2024 |
Abstrak Syahrul Amar, 2024. “Hambatan Dan Solusi Yang Dihadapi Guru PJOK Pada Sekolah Dasar Di Kota Palu Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Hendrik Mentara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan-hambatan dan solusi yang dihadapi guru PJOK dalam melaksanakan kurikulum merdeka belajar. Penelitian ini bersifat kualitatif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan beberapa teknik yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru PJOK sekolah dasar di kota Palu yang sudah terdaftar sebagai sekolah penggerak yang berjumlah 4 sekolah. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan yang dihadapi guru kurangnya pelatihan-pelatihan yang membahas kurikulum merdeka belajar, guru PJOK kurang paham dalam mengembangkan modul ajar dan pemberian nilai, dan sarana prasarana yang kurang memadai. Solusi terkait hambatan yang dihadapi perlu pendalaman wawasan dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang membahas kurikulum merdeka belajar. Kata Kunci : Hambatan, Merdeka Belajar, Solusi |