JudulOPINI KEPALA SEKOLAH DAN GURU KOMITE PEMBELAJARAN PADA SEKOLAH SDN INPRES SILAE DAN SDN 6 PALU TERKAIT IMPLEMENTASI SEKOLAH PENGGERAK |
Nama: MUHAMMAD TAUFIK |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Muhammad Taufik, 2023. Opini Kepala Sekolah Dan Guru Komite Terhadap Implementasi Kurikulum Sekolah Penggerak Di SDN Inpres Silae Dan SDN 6 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Andi Sultan Brilin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang diintepretasikan dengan cara deskripsi, yang menyajikan data hasil penelitian berupa rangkaian kata- kata. Teknik pengumpulan data dalam bentuk wawancara mendalam guna memperoleh data yang jelas mengenai fokus permasalahan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Total Sampling yaitu guru dan Kepala Sekolah SDN Inpres Silae Dan SDN 6 Palu yang berjumlah 8 guru dan 2 Kepala Sekolah dari masing-masing sekolah, sehingga sampel yang digunakan berjumlah 10 sampel. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa Opini kepala sekolah dan guru komite dalam kurikulum sekolah penggerak di SDN Inpres Silae dan SDN 6 Palu Terkait Implementasi Sekolah Penggerak Kurikulum ini dibuat untuk menghasilkan pengajaran di Indonesia sebagai negara maju dimana tujuan dari kurikulum ini untuk memperdalam potensi siswa, karena Kurikulum ini dibuat sederhana dan fleksibel untuk memperdalam pelajaran dan memperluas potensi peserta didik, sehingga pelaksanaan pembelajaran kurikulum sekolah pengerak di SDN Inpres Silae Dan SDN 6 Palu sudah berjalan dengan baik dan kedua sekolah tersebut sudah menguasai kurikulum sekolah pengerak, Adapun kendala yang dialami dalam Implementasi Kurikulum sekolah penggerak ini Pertama, terbatasnya sarana dan prasarana yang di sekolah sehingga akan menghambat proses pembelajaran, Kedua, penilaian pada Kurikulum yang masih membingungkan guru sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Ketiga sumber belajar buku , guru menggunakan bantuan lain agar pembelajaran tetap berlangsung secara efektif. Kata Kunci : Opini, Kurikulum Sekolah Penggerak V |