JudulKINERJA GURU MATA PELAJARAN PENJASKES DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 2 SINDUE TOBATA |
Nama: AFDAL |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRACT Afdal, 2022. Kinerja Guru Mata Pelajaran Penjaskes Dalam Proses Pembelajaran ditengah pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Sindue Tobata. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Ilmu Pengetahuan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Hendrik Mentara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja Guru di tengah pandemi Covid-19 kinerja yang dimaksud yaitu kinerja berdasarkan kompetensi pedagogik pada pembelajaran mata pelajaran Penjaskes. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini yaitu Guru mata pelajaran Penjaskes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, Display (penyajian data), dan verifikasi data. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :Kinerja guru mata pelajaran PENJASKES SMP Negeri 2 Sindue Tobata dalam aspek perencanaan pembelajaran Indikator yang diukur dalam penelitian ini ketepatan waktu dan pengembangan dalam penyusunan program tahunan, program semester, silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik, dilanjutkan dengan aspek pelaksanaan pembelajaran, Indikator yang diukur dalam penelitian ini meliputi ketepatan dan kesesuaian dalam penggunaan alokasi waktu pembelajaran, strategi/metode pembelajaran, media dan sumber belajar, penyampaian materi pelajaran, dan pengaturan kelas berjalan sesuai program pembelajaran dan terakhir yaitu aspek evaluasi pembelajaran, Indikator yang diukur dalam penelitian ini meliputi ketepatan dan kesesuaian dalam pendekatan dan jenis evaluasi, penyusunan alat evaluasi, dan penggunaan hasil evaluasi, sehingga dapat disimpulkan bahwa keseluruhan aspek masuk dalam kategori sangat baik. |