JudulMOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENJAS SELAMA MASA PANDEMI COVID 19 KELAS X SMAN 1 KECAMATAN WITAPONDA |
Nama: GUFRAN |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Gufran 2022. “Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Penjas Selama Masa Pandemi Covid 19 Kelas X SMAN 1 Kecamatan Witaponda”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Jumain. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Penjas Selama Masa Pandemi Covid 19 Kelas X SMAN 1 Kecamatan Witaponda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Penjas Selama Masa Pandemi Covid 19 Kelas X SMAN 1 Kecamatan Witaponda. Menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran siswa pada pemberian motivasi belajar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sudah cukup baik. Hal tersebut dibuktikan dengan pembelajaran daring yang dilakukan oleh siswa di sekolah dengan menerapkan beberapa penerapan yaitu : (1) Penyajian Materi yang dirancang, (2) Kemampuan Komunikasi Siswa, (3) Partisipasi Peserta Didik (4) Guru memberikan dukungan dan semangat (5) Memberikan apreasiasi kepada peserta didik yang memiliki semangat dalam belajar. Peranan yang digunakan oleh siswa dapat terlaksana dengan baik, sehingga motivasi belajar peserta didik meningkat. Hasil dari peran siswa pada pemberian motivasi dapat dibuktikan dengan hasil angket, bahan ajar siswa, dan lancarnya komunikasi peserta didik, semangat peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Kata kunci: Motivasi Siswa, Pembelajaran Penjas, Pandemi Covid 19. |