JudulKorelasi Pendekatan Saintifik Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PJOK Kelas XI SMA Negeri 2 Tolitoli |
Nama: NIKA TRIANTI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Nika Trianti, 2021. “Korelasi Pendekatan Saintifik Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PJOK Kelas XI SMA Negeri 2 Tolitoli”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Didik Purwanto. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan model pembelajaran pendekatan saintifik dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PJOK kelas XI SMA Negeri 2 Tolitoli. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI Tahun Pelajaran 2021/2022 berjumlah 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan Teknik Populasi. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket untuk mengetahui variabel terikat pendekatan saintifik dan menggunakan nilai rapor untuk mengetahui variabel bebas hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian mengenai korelasi pendekatan saintifik dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PJOK kelas XI SMA Negeri 2 Tolitoli, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa tidak ada hubungan antara pendekatan saintifik yang diterapkan pada proses pembelajaran dengan hasil belajar yang diperoleh siswa. Hal ini ditunjukan dari hasil analisis data menggunakan aplikasi SPSS 16 dimana nilai sig. (2-tailed)= 0,121. Dengan ketentuan jika nilai signifikansi < 0> 0,05 yang berarti tidak ada hubungan. Berdasarkan analisis yang dilakukan peneliti diketahui skor responden angket memiliki rata-rata sebesar 55,57 dan hasil belajar siswa di lihat dari nilai keseluruhan memiliki nilai rata-rata sebesar 86,3. Kata kunci: Korelasi, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar, Teknik Populasi |