Judul SURVEI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMA NEGERI 1 DAMPAL UTARA |
Nama: MUH. IMAN AFFANDI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Muh. Iman Affandi, 2022. Survei Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di SMA Negeri 1 Dampal Utara. Skiripsi Program S1, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Jumain. Penenlitian ini merupakan penelitian deskriptif Kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah semua siswa SMA Negeri 1 Dampal Utara yang berjumlah 395 siswa. Adapun metode pengumpulan data yang dingunakan dalam penenlitian ini adalah metode survei yang jenis penelitianya menggunakan deskriptif Kuantitatif dengan metode non- eksprimen, kemudian di lakukan uji coba Instrument untuk mengetahui Validitas di SMA Negeri 1 Dampal Selatan yang hasilnya diolah dengan bantuan Microsoft Office Excel. Teknik Pengambilan data menggunakan angket, jenis angket yang dingunakan berupa angket Tanya jawab. Faktor-faktor motivasi yang diamati adalah faktor-faktor intrinsic dan faktor ekstrinsik. Sampel penelitian adalah 395 siswa SMA Negeri 1 Dampal Utara. Teknik analisis data yang dingunakan adalah analisis deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA Negeri 1 Dampal Utara masuk dalam kategori tinggi. Karena dihitung secara umum memiliki presentase 57% masuk dalam kategori tinggi, dengan 2 indikator yaitu; Faktor intrinsik sebanyak 59% sedangkan faktor ekstrinsik sebanyak 56%. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa apabila anak memiliki motivasi belajar, maka akan terjadi kegiatan belajar pada diri anak tersebut. Apabila motivasi anak itu tinggi, Umumnya diasumsikan bahwa prestasi yang bersangkutan akan tinggi, dan besar kemungkinan akan mencapai tujuan belajar secara optimal. Dari Hasil Belajar siswa di semester Ganjil di tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 16% (64 siswa) memiliki hasil belajar “Sangat Baik”; 50% (197 siswa) memiliki hasil belajar “Baik”; 32% (127 siswa) memiliki hasil belajar “Cukup”; 2% (7 siswa) memiliki hasil belajar “kurang”. Dengan nila rata-rata pengetahuan yang didapatkan sebesar 84 dan nila rata-rata praktek sebesar 85. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa yang tinggi, dapat mempengaruhi nila hasil belajar siswa. Kata Kunci: Siswa, Motivasi, Hasil Belajar, Pembelajaran Penjas |