JudulFENOMENA E-SPORT SEBAGAI OLAHRAGA NON FISIK |
Nama: ZULKIPLI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK ZULKIPLI, 2022 “Fenomena E-sport Sebagai Olahraga Non Fisik “Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi , Universitas Tadulako. Pembimbing Andi Sultan Brilin Susandi Eka Wahyudi Berdasarkan permasalahan dalam penelitian ini berfokus bagaimana fenomena E-Sport sebagai olahrga non fisik. Penelitian ini berupaya untuk mengatahui fenomena E-sport sebagai olahraga non fisik. Sehingga penelitian ini memiliki Tujuan untuk mengatahui bagaimana fenomen E-sport sebagai olahraga non fisik. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di 3 tempat yaitu Dinas Pemuda Dan Olahraga (DISPORA), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) SMAN 1 Dampal Utara. Populasi dalam penelitian ini pakar olahraga dan guru pjko, dengan sampel sebanyak 7 orang. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu obsevasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan, penelitian atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembaga E-sport yang mana hasil wawancara dari beberapa pakar olahraga guru serta pemain game bahwa mereka mendukung perkembangan E-sport yang mana olahraga ini sudah di resmikan oleh KONI sebagai olahraga prestasi. E-sport jadi satu fenomena besar yang menarik mata banyak pihak sebagai olahraga non fisik, dengan perkembangan zaman sekarang dimana setiap orang senang dengan game online serta kemajuan olahraga E-sport sendiri tampak nyata dikarenakan olahraga ini sudah di masukkan sebagai olahraga prestasi yang di resmikan langsung oleh kementrian pemudah dan Olahraga serta komite Olahraga Nasional Indonesia secara resmi mengakui E-sport sebagai cabang olahraga prestasi di indonesia. Kata Kunci: Fenomena,E-sport,Sebagai,Olahraga Non,Fisik |