Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGUMPAN DAN MENERIMA BOLA DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI DUA KAWAN BERPASANGAN PADA SISWA SDN 10 LABUAN KEC. LABUAN KAB. DONGGALA
Nama: SUTRISNO
Tahun: 2019
Abstrak
Sutrisno, 2019. Meningkatkan Keterampilan Mengumpan dan Menerima Bola dalam Permainan Sepak Bola dengan menggunakan Strategi Dua Kawan Berpasangan pada Siswa SDN 10 Labuan di Kec. Labuan Kab. Donggala. Skripsi. Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Jumain Strategi belajar-mengajar merupakan suatu prosedur memilih, menetapkan, dan memadukan kegiatan-kegiatan dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran. Penyusunan suatu strategi merupakan kegiatan awal dari seluruh proses belajar-mengajar, Dengan adanya strategi dua kawan berpasangan siswa dituntut turut serta dalam mengelola pesan juga dapat memperoleh gambaran jelas tentang materi yang diberikan. Pembelajaran dengan strategi dua kawan berpasangan khususnya mengumpan dan menerima bola dalam permainan sepak bola bisa mempermudah penguasaan teknik dasar dapat juga membentuk proses kerja sama antar pemain serta tercipta suasana belajar yang terkontrol dan siswa tidak berada pada situasi yang tegang. Namun perlu di perhatikan bahwa pembelajaran secara berpasangan di sesuaikan dengan tingkat dasar kemampuan siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini Apakah ada peningkatan keterampilan mengumpan dan menerima bola dalam permainan sepak bola melalui strategi dua kawan berpasangan pada siswa SDN 10 Labuan di Kec. Labuan Kab. Donggala? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah proses pembelajaran dengan strategi dua kawan berpasangan dapat meningkatkan keterampilan mengumpan dan menerima bola dalam permainan sepak bola siswa SDN 10 Labuan di Kec. Labuan Kab. Donggala.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini sifatnya yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) maka subyek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN 10 Labuan yang berjumlah 16 siswa/siswi. Langkah-langkah penelitian ini dengan menggunakan siklus dimana tahapan siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian yang dilakukan dengan II siklus. Nilai persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 62,5%, sedangkan pada siklus II sebesar 81,25 ada kenaikan sebesar 18,75 dan karena telah melewati standar nilai ketuntasan klasikal yaitu 70% maka penelitian ini dihentikan meskipun masih ada 3 siswi yang belum tuntas, namun dilakukan pengulangan. Saran dalam penelitian ini Pendekatan pembelajaran dengan strategi dua kawan berpasangan perlu ditumbuh kembangkan untuk pembelajaran lainnya, agar para peneliti lebih tertarik untuk mengembangkan kreatvitasnya untuk menciptakan inovasi dalam pembelajaran. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Sepak Bola dan Dua Kawan Berpasangan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up