JudulPENGEMBANGAN PERMAINAN LUDO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA MTS DARUL ULUM TOILI KELAS VII |
Nama: MIPTACHUL ANWAR |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Miptachul anwar,2021. Pengemebangan permainan ludo sebagai media pembelajaran penjas orkes pada siswa MTS Darul Ulum Toili kelas VII. Skripsi, program studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi, jurusan ilmu pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing: Marhadi S.Si., M.Pd Permasalahan pokok dalam penelitian adalah 1). Apakah bentuk permainan ludo dapat menghasilkan media pembelajaran yang sesuai untuk penjasorkes? 2). Bagaimana cara mengembangkan permainan ludo sebagai media pembelajaran penjasorkes? 3). Bagaiman keefektifan permainan ludo yag dikembangkan untuk pembelajaran penjasorkes? 4). Bagaiman respon siswa terhadap media pembelajaran penjasorkes melalui permain ludo . untuk menjawab petanyaan tersebut peneliti menggunakan jenis penelitian dan sumber data kualitatif dan kuantitatif. teknik pengumpulan data mengguanakan non tes atau angket. sampel dipilih sebanyak 28 siswa. teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif berupa persentase. Berdasarkan hasilo penelitain tentang pengembangan permainan ludo sebagai media pembelajaran penjas orkes pada siswa MTS Darul Ulum Toili kelas VII disimpulkan bahwa: 1). Bentuk media permainan ludo sesuai dan dapat digunaka sebagai media pembelajaran penjasorkes di MTS Darul Ulum toili 2). Cara mengembangkan permainan ludo sebagai media pembelajaran penjasorkes dengan menggunakan 8 dari 10 langkah yang dikemukakan oleh Borg dan Gall 3). Pengembangan permainan ludo sangat efektif untuk pembelajaran penjasorkes, karena adanya peningkatan denyut jantung menjadi indikator yang menandakan bahwa permainan yang dikembangkan berimplikasi baik pada subjek penelitian. 4). respon siswa terhadap media pembelajaran penjasorkes melalui permain ludo yang memiliki hasil pengukuran yang menyatakan bahwa permaianan ludo berkatagori sangat baik. Kata kunci : Permainan ludo,Media, Pembelajaran |