JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN PENJAS DI SMA NEGERI 1 DAMPAL UTARA |
Nama: KAPRINALDI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Kaprinaldi 2023. Penerapan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran penjas di SMA N 1 DAMPAL UTARA program studi pendidikan jasmani kesehatan Dan rekrereasi fakultas keguruan Dan ilmu pendidikan universitas tadulako pembimbing Andi Saparia Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan Model Pembelajaran Kooperatif di SMA NEGERI 1 DAMPAL UTARA dapat meningkatkan kekompakan dalam suatu kelompok dalam mahta pelajaran penjaskes, teknik pengumpulan data di lakukan dengan (1) obsevasi (2) wawancara (3) dokumentasi, teknik analisis data di lakukan di lakukan dengan cara (1) Reduksi data (2) displey data (3) verivikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran penjas tergolong berhasil di buktikan dengan hasil observasi pengamatan terhadap guru mendapatkan kriteria sangat baik Dan observasi pengamatan terhadap siswa mendapatkan keriteria baik, di buktikan dengan hasil belajar siswa mulai aktif berani memberikan pertanyaan, saran Dan tanggapan pada proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa minat siswa di SMA N 1 DAMPAL UTARA yaitu skor rata-rata 85% atau dalam kategori sangat tinggi. Kata kunci : penerapan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran penjas |