JudulKONTRIBUSI KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DIMASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENJAS DI SMP NEGERI 9 PALU |
Nama: RISAL. M |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Risal. M, 2021.” Kontribusi Kedisiplinan dan Motivasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Penjas di SMP Negeri 9 Palu.” Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Tadulako. Pembimbing Ikhwan Abduh Tujuan dari penelitian ini (1) Untuk mengetahui kontribusi kedisiplinan dimasa pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar penjas di SMP Negeri 9 Palu; (2) Untuk mengetahui kontribusi motivasi belajar siswa dimasa pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar penjas di SMP Negeri 9 Palu; (3) Untuk mengetahui kontribusi secara bersama-sama antara kedisiplinan dan motivasi belajar siswa dimasa pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar penjas di SMP Negeri 9 Palu. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan populasi penelitian sebanyak 960 siswa SMP Negeri 9 Palu. Subjek penelitian diambil sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, uji normalitas dan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) tidak terdapat kontribusi kedisiplinan terhadap prestasi belajar penjas pada siswa SMP Negeri 9 Palu dengan nilai signifikansi (sig) 0.128 > 0,05 yang berarti bahwa tidak terdapat kontribusi kedisiplinan dimasa pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar penjas (2) terdapat kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar penjas pada siswa SMP Negeri 9 Palu dengan nilai signifikansi (sig) 0.036 < 0> 0,05 yang berarti bahwa secara bersama-sama tidak terdapat kontribusi antara kedisiplinan dan motivasi belajar siswa dimasa pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar penjas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) tidak terdapat kontribusi kedisiplinan dimasa pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar penjas (2) terdapat kontribusi motivasi belajar siswa dimasa pandemi covid- 19 terhadap prestasi belajar penjas (3) secara bersama-sama tidak terdapat kontribusi antara kedisiplinan dan motivasi belajar siswa dimasa pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar penjas. Kata Kunci : Kedisiplinan, Motivasi Belajar siswa, Prestasi Belajar |