JudulKENDALA PEMBELAJARAN PRAKTEK DARING SECARA SYNCHRONOUS DAN ASYNCHRONOUS PADA MATA PELAJARAN PJOK PADA SISWA IX SMP NEGERI 1 BAMBALAMOTU DI MASA PANDEMI |
Nama: AYU LESTARI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Ayu Lestari, 2022. “Kendala Pembelajaran Praktek Daring Synchronous dan Asynchronous Pada Mata Pelajaran PJOK Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Bambalamotu Di Masa Pandemi”. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan rekreasi, Universitas Tadulako. Pembimbing Andi Sultan Brilin, S.Pd, M.Pd. Berbagai macam kendala yang dihadapi dalam penerapan pembelajaran daring pada mata pelajaran praktek PJOK baik secara Synchronous dan Asynchronous merupakan hal yang melatabelakangi penelitian ini. Olehnya, peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apa saja kendala pelaksanaan pembelajaran praktek daring Synchronous dan Asynchronous pada mata pelajaran PJOK pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Bambalamotu di masa pandemi. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif melalui pendekatan studi kasus (Case Studi). Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Bambalamotu yang beralamat di Jalan Poros Palu-Pasangkayu, desa Bambalamotu, kecamatan Bambalamotu, kabupaten Pasangkayu, provinsi Sulawesi Barat dengan subjek adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Bambalamotu dengan jumlah 119 orang yakni 63 siswa laki-laki dan 52 siswa perempuan. Teknik yang digunakan untuk pengambilan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Oleh karena itu, berpedoman pada teknik purposive sampling maka peneliti hanya mengambil 5 siswa saja yang dijadikan subjek penelitian karena dianggap telah mewalikili secara keseluruhan dari siswa kelas IX SMP Negeri 1 Bambalamotu. Peneliti mengumpulkan data menggunakan angket atau kuesioner. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data reduction, data display, dan data conclusion/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala pembelajaran daring Synchronous yaitu kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran, dan kondisi jaringan internet yang tidak stabil. Sedangkan pembelajaran daring Asynchronous yaitu kurangnya motivasi siswa mengikuti pembelajaran, tidak adanya pendampingan dan dukungan dari orangtua, serta kondisi jaringan internet yang tidak stabil. Sehingga dapat disimpulkan kendala pembelajaran daring Synchronous terletak pada aspek motivasi belajar siswa dan kondisi jaringan internet sedangkan kendala pembelajaran daring Asynchronous ditinjau dari aspek motivasi belajar siswa, pendampingan orangtua, dan kondisi jaringan internet. Kata Kunci: Synchronous, Asynchronous, PJOK |