JudulPERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG BELAJAR MELALUI MEDIA VIDEO DENGAN PRAKTIK LANGSUNG PADA MATERI PELAJARAN PERMAINAN SEPAK BOLA DI SMP NEGERI 2 PALU |
Nama: ANDRIE FEBRIANSYAH |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Andrie, 2021. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antara yang Belajar Melalui Media Video dengan Praktik Langsung pada Materi Pelajaran Permainan Sepak bola di SMP Negeri 2 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Jumain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang belajar dengan menggunakan media video, praktik langsung pada materi pelajaran bermain sepakbola serta untuk membandingkan hasil belajar siswa antara yang belajar dengan media video dengan praktik langsung pada materi pelajaran bermain sepak bola. Populasi dalam penelitian ini siswa laki-laki kelas VII di SMP Negeri 2 yang berjumlah 134 siswa yang dibagi dalam 2 kelompok A dan B. Jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif komparatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Tehnik pengumpulan data menggunakan hasil tes belajar pada siswa yang belajar dengan cara praktik langsung dan media video. Berdasarkan hasil penelitian mengenai perbandingan hasil belajar siswa antara yang belajar melalui media video dengan praktik langsung pada materi pelajaran permainan sepakbola di SMP Negeri 2 Palu, penelitian ini dapat menarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara yang belajar melalui media video dengan praktek langsung. Hal ini ditunjukan oleh perhitungan menggunakan SPSS 24 dimana nilai sig (2 tailed) 0,003 < 0,05 berarti tolak H?. Sehingga dapat ditarik kesimpulan ada perbandingan hasil belajar antara siswa yang belajar melalui media video dengan praktik langsung pada materi pelajaran permainan sepak bola. Kata kunci : Perbandingan, hasil belajar, sepak bola. |