JudulDAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP TINGKAT AKTIVITAS FISIK SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 3 PALU |
Nama: GABRIELLE R.E TOHEA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Gabrielle R.E Tohea, 2022.”Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Tingkat Aktivitas Fisik Siswa Kelas X di SMA Negeri 3 Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Ilmu pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Marhadi. Covid-19 adalah penyakit jenis baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia, Indonesia juga menjadi negara yang terdampak, sehingga semua aktifitas dibatasi untuk mencegah penyebaran Covid-19, Permasalahan yang muncul adalah bagaimana dampak pembelajaran daring terhadap tingkat aktivitas fisik siswa kelas X di SMA Negeri 3 Palu. tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui informasi mengenai dampak pembelajaran daring terhadap tingkat aktivitas fisik siswa kelas X di SMA Negeri 3 Palu.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Survey sebagai salah satu penelitian yang bersifat kuantitatif untuk meneliti perilaku suatu individu atau kelompok. Pada umumnya penelitian survey menggunakan kuesioner sebagai alat pengambil data.Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan, dampak pembelajaran daring terhadap tingkat aktivitas fisik siswa kelas X di SMA Negeri 3 Palu dikategorikan sangat rendah, karena setelah dilakukan analisis data 100% siswa di SMA Negeri 3 Palu berada pada kategori aktivitas fisik rendah.Disarankan guru olahraga hendaknya menggunakan pendekatan dan model pembelajaran yang dapat menunjang aktivitas fisik dirumah. Disarankan kepada siswa agar tetap melakukan aktivitas fisik dengan berolahraga tanpa mengindahkan protokol kesehatan guna menjaga kebugaran jasmani di masa pandemi covid-19. Disarankan kepada orang tua dapat menjaga pola aktivitas fisik akan terlebih di masa covid-19. Kata Kunci: Covid-19, Aktivitas Fisik, Sekolah Menengah Atas. |