JudulEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MELALUI KOMUNIKASI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PJOK DI SMPN 2 SINDUE TOMBUSABORA |
Nama: AAN FANDI AHMAD |
Tahun: 2023 |
Abstrak Kata Kunci : Efektivitas, Komunikasi Orang Tua, Hasil Belajar Peranan keluarga dalam hal ini, orang tua sangatlah besar dalam mendidik seorang anak terutama dalam upaya meningkatkan kemajuan belajarnya sehingga orang tua dituntut untuk dapat menciptakan suasana rumah yang nyaman, harmonis, dan terjalin komunikasi yang baik antara orang tua dan anak-anaknya. Komunikasi dapat memenuhi kebutuhan emosional dan meningkatkan kesehatan mental. Betapa pentingnya kemampuan dalam berkomunikasi ini. Apa lagi, bagi seorang anak didik dalam proses belajar mengajar, tentu akan sulit meraih keberhasilan bila tidak biasa berkomunikasi dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui seberapa besar efektivitas pembelajaran melalui komunikasi orang tua terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PJOK di Kelas VIII PJOK di SMP Negeri 2 Sindue Tombusabora. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua siswa atau wali murid di kelas VII di SMPN 2 SIndue Tombusabora sebanyak 90 yang terdiri dari 44 putra dan 46 putri dengan jumlah sampelnya sebanyak 18 orang tua/wali siswa. Dari hasil pengolahan data, dapat digambarkan bahwa 38,4% orang tua siswa selalu berkomunikasi terhadap efektivitas hasil belajar siswa, 33,3% orang tua siswa sering berkomunikasi terhadap efektivitas hasil belajar siswa, 19,2% orang tua siswa kadang-kadang berkomunikasi terhadap efektivitas hasil belajar siswa, 9,1% orang tua siswa tidak pernah berkomunikasi terhadap efektivitas hasil belajar siswa. Dari hasil belajar dapat dilihat perubahan nilai siswa sebelum komunikasi dan sesudah komunikasi. Bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum komunikasi dan sesudah komunikasi, nilai tersebut diambil dari nilai hasil ujian praktek siswa. |