JudulPERANAN ORANGTUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI MEDIA DALAM JARINGAN DIMASA PANDEMI COVID 19 |
Nama: SAPRIL |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Sapril, 2021. Peranan Orang tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Media Dalam Jaringan Dimasa Pandemi, Di SMA Negeri 8 Sigi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dibimbing oleh Hendrianan Sri Rejeki. Penelitian ini adalah penelitan bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui peranan orang tua terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 8 Sigi. Adapun waktu penelitian ini berlangsung selama tiga bulan, terhitung mulai dari bulan Januari sampai dengan Maret 2021, dengan menggunakan google form sebagai media pengisian angket secara online. Jenis penelitian ini adalah bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan memberikan gambaran secara sistematis tentang keadaan yang sedang berlangsung pada obyek penelitian yaitu tentang peranan orang tua terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 8 Sigi.. Ada pun yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 8 Sigi yang berjumlah 35 orang. Data yang dipresentasikan kemudian data tersebut ditafsirkan ke dalam kalimat kualitatif dengan menggunakan kategori sangat baik, baik, kurang baik, dan tidak baik. Berdasarkan analisa data hasilnya dapat disimpulkan bahwa hasil presentase dataPeranan Orangtua berada diantara 56% - 75%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa peranan orang tua dalam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMA Negeri 8 Sigi dikategorikan “baik”, kemudian data motivasi belajar siswa SMA Negeri 8 Sigi menggunakan media DARING dimasa pandemi di antara 76% - 100% Hal ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa SMA Negeri 8 Sigi menggunakan media DARING dimasa pandemi dikategorikan “sangat baik” Kata Kunci : Peran Orangtua, Motivasi Belajar Siswa, Masa Pandemi |