JudulSURVEI HASIL PEMBELAJARAN DARING PJOK KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 BAMBAIRA |
Nama: RANI KARTIKA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Rani Kartika, 2021. “Survei Hasil Pembelajaran Daring PJOK Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Bambaira”. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan rekreasi, Universitas Tadulako. Pembimbing Marhadi, S.Si, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hasil Pembelajaran Daring PJOK Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Bambaira. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Bambaira. Jenis penelian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitas penerapan pembelajaran daring ditinjau dari 3 (tiga) indikator yakni karakteristik siswa, karakteristik pengajar, dan penerapan teknologi. Adapun rinciannya antara lain, pada kategori sangat baik dengan persentasi 9%, kategori baik dengan persentasi 16%, kategori cukup dengan persentasi 43%, kategori kurang dengan persentasi 27%, dan kategori sangat kurang dengan persentasi 5%. Secara keseluruhan diperoleh analisis penerapan pembelajaran daring PJOK di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Bambaira berada pada kategori cukup. Selanjutnya untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran PJOK di Kelas XI IPS 2 pada saat sebelum penerapan pembelajaran daring dan sesudah penerapan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Bambaira maka dilakukan uji “t”. Dengan demikian, diketahui bahwa hasil thitung sebesar 1,95 kemudian dilanjutkan dengan melihat ttabel nilai koefisien adalah 87 dari taraf kesalahan ditetapkan sebesar 5?alah 1,66. Hal tersebut berarti thitung > ttabel = 1,95 > 1,66 yang berarti hipotesis kerja (H1) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran PJOK di Kelas XI IPS 2 pada saat sebelum penerapan pembelajaran daring dan sesudah penerapan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Bambaira, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, PJOK |