JudulPeran Pendidikan Jasmani Dalam Membentuk Karakter Siswa SMP Negeri 19 Palu |
Nama: MOH. RIFKI |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Moh. Rifki, 2020, Peran Pendidikan Jasmani dalam Membentuk Karakter Siswa SMP Negeri 19 Palu. Skripsi Program S1, Program studi Pendidikan jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Jumain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Pendidikan Jasmani dalam Membentuk Karakter Siswa SMP Negeri 19 Palu yang berkenaan mengetahui tingkat karakter siswa yang sudah mendapatkan materi pembelajaran pendidikan jasmani dan didalamnya telah disisipkan pendidikan karakter yang positif, tapi ketika pembelajaran berlangsung nilai-nilai tersebut belum berjalan seperti yang diharapkan. Penelitian menggunakan metode survei yang jenis penelitiannya menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan non-eksperimen, kemudian dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas menggunakan ahli dan uji kelompok kecil di MTs Negeri 4 Kota Palu yang hasilnya diolah dengan bantuan Microsoft Exel dan SPSS versi 16. Teknik pengambilan data menggunakan angket. Sampel penelitian adalah 72 siswa SMP Negeri 19 Palu. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan Peran Pendidikan Jasmani dalam Membentuk Karakter Siswa SMP Negeri 19 Palu dengan kategori sangat kurang 10%, kurang 13%, cukup 43%, baik 26%, dan sangat baik 8%. Kata kunci: peran, pendidikan jasmani, karakter. ABSTRACT Moh. Rifki, 2020, The Role of Physical Education in Forming the Character of Students at SMP Negeri 19 Palu. Skripsi of Undergraduate Program, Physical Health and Recreation Education Study Program, Education Science Department, Teacher Training and Education Faculty, Tadulako University. Supervisor, Jumain This research aims to determine the role of physical education in forming the character of students at SMP Negeri 19 Palu with regard to knowing the level of character of students who have received physical education learning material and in which positive character education has been inserted, but when the learning takes place these values ??have not gone as expected. The research used a survey method, the type of research used qualitative and quantitative descriptive with a non-experimental approach, then tested the instrument to determine the validity of using experts and small group testing at MTs Negeri 4 Palu. The results were processed with the help of Microsoft Excel and SPSS version 16. Data collection techniques used questionnaire. The research sample was 72 students of SMP Negeri 19 Palu. The data analysis technique used percentage descriptive analysis. The results show that the role of physical education in forming the character of students at SMP Negeri 19 Palu with category of very less 10%, less 13%, enough 43%, good 26%, and very good 8%. Keywords: Role, Physical Education, Character. |